Timnas U-19 Coret Lima Pemain

Senin, 19 Agustus 2013  23:48

Timnas U-19 Coret Lima Pemain

SIDOARJO (BM) – Evaluasi Timnas Indonesia U-19 di Jawa Timur mulai memakan korban. Terbaru, tim pelatih Timnas U-19 mencoret lima pemain proyeksi Piala AFF 2013, 9-22 September. Pencoretan ini dilakukan tim pelatih setelah rapat evaluasi sering uji coba melawan tim Pra-PON Jatim, Sabtu (17/8) lalu.


Dari lima pemain yang dipulangkan arsitek Indra Syafri, dua diantaranya berasal dari proyek mercusuar di klub Uruguay, Sociedad Anonima Deportiva (SAD). Mereka adalah M. Junda dan Bagas. Keduanya dicoret karena cedera. Sesuai rekomendasi dokter, kedua pemain harus istirahat selama tiga pekan.


“Kalau tidak berlatih selama itu, tidak mungkin mereka bisa bertanding saat Piala AFF digelar. Kami hanya akan pertahankan pemain yang benar-benar bugar dan sehat,” jelas Indra, Senin (19/8).


Tiga pemain lainnya adalah Makarius (Perseman U-21), Firmansyah (Persija U-21) dan Mulyana (Cirebon). Ketiganya dicoret karena dinilai tidak berkembang. “Kami petakan dan kami nilai setiap pemain. Hasilnya bisa diketahui, ketiga pemain itu harus kami coret. Alasannya murni karena prestasi dan perkembangannya selama berada di Timnas U-19 tidak mengalami kemajuan,” terang pelatih asal Padang ini.


Dari total 37 pemain, kini tersisa 32 yang akan terus dikerucutkan menjadi 25 pemain sesuai kuota yang ditetapkan di ajang Piala AFF U-19 2013. Dalam waktu dekat, rencananya akan ada dua pemain lagi yang tereliminasi. Tapi keputusan itu akan diambil setelah uji coba lawan Timor Leste atau Persegres Gresik United (GU) U-21. “Nanti kami bicarakan lagi. Yang jelas, akan kami susutkan lagi sesuai kuota untuk Piala AFF,” jelas Indra.


Evan Dimas dkk bertolak ke Malaysia untuk melakukan uji coba lawan Uni Emirat Arab (UEA), pada Selasa ini (20/8). Sebanyak 20 pemain dibawa ke Negeri Jiran sesuai dengan permintaan UEA. Sementara sebanyak 12 pemain yang ditinggal di Sidoarjo tetap berlatih di bawah komando asisten pelatih.


Pada latih tanding kali ini, Indra tak memasang target muluk-muluk. Sebab, dia hanya ingin melihat kelebihan dan kekurangan timnya sebagai bahan evaluasi sebelum turun di Piala AFF. “Pada pertandingan ini, kami tak mencari hasil bagus. Uji coba ini untuk melihat kemajuan para pemain,” katanya.


Bagi Indra, uji coba lawan UEA ini sangat bermanfaat bagi timnya. Selain belajar dari lawan yang lebih berkualitas, pemain timnas bisa merasakan atmosfer pertandingan sebenarnya. “Bagus untuk menguji mental pemain. Jam terbang pemain juga akan bertambah,” tutup Indra. (dek/ibn)

TERKINI

SELENGKAPNYA

FOKUS

SELENGKAPNYA
E-PAPER