Lanjutkan Pencarian Pemain untuk PON

Jumat, 12 Juli 2013  01:25

Lanjutkan Pencarian Pemain untuk PON

SURABAYA (BM) – Kegagalan cabang olahraga sepakbola mempertahankan medali emas ke-4 di PON PON XVIII/2012 Riau lalu, membuat Asosiasi PSSI Jatim bergerak cepat. Di multi Riau, prestasi mentereng Jatim porak poranda di fase penyisihan grup. Karenanya, misi bangkit sudah diusung dengan melakukan persiapan dini.

 Sejauh ini, sudah 30 pemain terpantau pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim IV/2013 Madiun lalu. Tim talent scouting yang dikomandani Hanafing masih akan terus melanjutkan pencarian talenta muda potensial untuk tim sepakbola pada PON XIX/2016 Jabar mendatang.

 “Kalau tidak ingin sepakbola Jatim gagal lagi saat PON di Jabar nanti, tentu harus segera disiapkan timnya sejak sekarang. Setelah pelaksanaan Porprov di Madiun lalu kami sudah mengantongi kurang lebih 30 nama. Tetapi ini masih bisa berubah karena kami masih akan terus mencari talenta-talenta berbakat,” jelas Hanafing, Kamis (11/7).

 Menurutnya, tim pemantau hanya bertugas mengumpulkan pemain-pemain potensial yang layak untuk memperkuat tim sepakbola Jatim di PON mendatang. Hanafing mengaku tidak memiliki wewenang untuk melakukan seleksi maupun pencoretan.

 “Kami hanya bertugas mencari dan mengumpulkan talenta muda. Selanjutnya, pemain akan kami serahkan ke PSSI dan KONI Jatim. Untuk tim pelatih akan ditetapkan oleh kedua intansi tersebut,” ungkap mantan pelatih PSIM Yogyakarta ini.

 Sementara itu, Ketua Asosiasi PSSI Jatim Bambang Pramukantoro mengatakan masih memberi waktu kepada tim pemantau bakat untuk mencari pemain. “Batas waktu pencarian pemain akan dibahas lagi. Karena, tim pemandu bakat masih akan memantau pemain,” tegasnya ketika dikonfirmasi terpisah.

 “Prinsipnya, program yang sudah berjalan ini akan dievaluasi dan terus ditingkatkan. Pemain yang terjaring akan diikutkan pada seleksi lanjutan bersama pemain hasil seleksi untuk persiapan PON yang berlangsung tiga tahun lagi,” lanjut pria yang juga manajer Persebaya DU ini.

 Hingga saat ini, PSSI Jatim belum menunjuk pelatih utama dan tim sepakbola untuk sementara ditangani secara kolektif oleh tim pemandu bakat. Selain itu, induk sepakbola Jatim ini juga belum dilantik sejak Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musprovlub), Sabtu (4/5) silam. (dek/epe)

TERKINI

SELENGKAPNYA

FOKUS

SELENGKAPNYA
E-PAPER