Hengky Sumbar Kalahkan Guruh

Kamis, 31 Oktober 2013  01:44

Hengky Sumbar Kalahkan Guruh
SURABAYA (BM) – Banyak pihak sudah meramal persaingan antarcaleg di Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim I bakal berlangsung sengit. Karena di dapil inilah tokoh populer lintas partai bercokol. Bukan hanya pertarungan antarpartai, persaingan caleg dalam satu parpol pun berlangsung ketat. Manuver untuk mengungguli rekan kandidat lain sesama  partai sudah ditunjukkan caleg DPR-RI dari PDIP Hengky Kurniadi. Tak mau kalah dengan sejumlah elit PDI P lain di Dapil Jatim 1, caleg nomor urut 7 ini membagi-bagikan kartu asuransi gratis kepada masyarakat di Surabaya dan Sidoarjo. 
 
Makin mendekati pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) 2014, suhu politik di Jatim kian memanas. Para calon legislatif (caleg) pun semakin gencar bergerilya menggalang dukungan di bawah. Berbagai cara juga dilakukan untuk bisa menggaet simpati masyarakat, seperti yang dilakukan. Caleg nomor urut 7 untuk daerah pemilihan (dapil) I yang meliputi kota Surabaya dan Sidoarjo ini membagi-bagikan kartu asuransi kepada masyarakat. 
 
Menurut Hengky,kartu asuransi tersebut merupakan salah satu progam terobosannya untuk menggaet dukungan warga di Dapil Jatm I. Pembagian kartu asuransi tersebut, katanya, dilakukan untuk menunjukan kepada masyarakat kalau dirinya tidak hanya ingin memberikan janji, tapi bukti.Kartu itu sebagai bukti kongkrit dirinya kepada masyarakat.
 
“Kita bagikan secara gratis. Masyarakat yang pegang kartu ini otomatis akan langsung mendapatkan manfaatnya, karena bisa mendapat asuransi kecelakaan,” tutur tutur Hengky Kurniadi, Rabu (30/10).

Pengusaha yang juga seorang budayawan ini mengaku telah mencetak sebanyak 100 ribu kartu. Kartu-kartu tersebut akan dibagi-bagikan oleh timnya kepada masyarakat. Sebanyak 100  tim relawan, lanjut dia, tengah dilatih dan disiapkan untuk membagi-bagikan kartu tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan. 

“Langkah ini tentunya kita lakukan dengan pertimbangan matang, kita dasarkan pada hasil survei,” ungkapnya tanpa bersedia membeberkan lebih detail uang yang telah digeontorkannya.
 
Dari hasil penelusuran Berita Metro, Hengky harus menguras koceknya dalam jumlah besar untuk menjalankan program asuransi gratisnya itu. Maklum, Wakil Ketua REI Jatim itu harus berhadapan dengan tokoh dari PDI P yang lebih senior dan dikenal masyarakat. 
 
Dalam komposisi caleg PDI P di Jatim Dapil 1, Hengky harus bersaing ketat dengan para tokoh sekelas Guruh Soekarnoputra yang menjadi caleg DPR-RI dapil I nomor satu, kemudian mantan Ketua DPC PDIP Surabaya Saleh Iskamil Mukadar, dan anggota DPR-RI Indah Kurnia. Mereka wajib dihadapi karena potensi perolehan kursi yang bakal didapat oleh PDIP di dapil I sangat terbatas, maksimal dua kursi seperti pada pileg 2009 lalu.
 
“Meski banyak tokoh, tapi saya tidak minder untuk maju. Kalau saya minder, lebih baik saya tidak perlu maju, saya tidur saja di rumah,” sumbar Hengky.
 
Ia pun kemudian menyampaikan sejumlah strateginya untuk bisa terpilih dalam pileg 2014, termasuk mengapa dirinya membuat program 100 ribu kartu asuransi. “Kenapa harus 100 ribu kartu? Hengky punya alasan sendiri.  Menurutnya, dengan 100 ribu kartu asuransi yang disebar, dirinya optimis masyarakat yang mendapatkan manfaat dari kartu itu akan menaruh simpati kepada dirinya. 
“Saya kira modal suara 100 ribu cukup bagi saya, meski BPP (Bilangan Pembagi Pemilih) di dapil I ini tergolong tinggi. BPP pada pileg 2009 lalu untuk DPR-RI tercatat sebanyak 140 ribu,” katanya.

Hengky yakin bisa mengantongi modal dukungan 100 ribu suara untuk mengungguli caleg populer lain dari PDI P di Dapil yang sama. Bahkan, adik kandung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputri sebagai caleg dengan perolehan suara tertinggi pada Pemilu 2009 lalu hanya mengantongi 67 ribu suara. (vic/arw)
 

TERKINI

SELENGKAPNYA

FOKUS

SELENGKAPNYA
E-PAPER