Warga Jember Terbanyak Penerima BLSM

Jumat, 28 Juni 2013  01:33

Warga Jember Terbanyak Penerima BLSM

Jember (BM) Penerima dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Kabupaten Jember ternyata paling banyak dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Jawa Timur. Tercatat lebih dari 192.000 orang sebagai penerima BLSM.

Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Kabupaten Jember, Wahyudi Aziz, mengatakan bahwa Kabupaten Jember merupakan terbanyak penerima BLSM. Terbukti, dari data yang diterima Jember menduduki peringkat pertama."Pada saat sosialisasi tentang BLSM beberapa waktu lalu, tercatat jumlah penerima di masing-masing daerah. Jember merupakan kabupaten penerima terbanyak di Jatim dan peringkat kedua adalah Kabupaten Bangkalan-Madura," tuturnya, Kamis (27/6).

Wahyudi Aziz menambahkan
, penerima BLSM terbanyak dari 31 kecamatan di Jember yakni Kecamatan Sukowono dengan jumlah penerima mencapai 11 ribu orang, kemudian Kecamatan Jenggawah sebanyak 9 ribu orang dan berikutnya berada di kecamatan kota seperti Kaliwates, Patrang, dan Sumbersari. Menurut dia, penyaluran dana bantuan kompensasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) senilai Rp150 ribu tersebut masih menunggu Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang belum didistribusikan di Kabupaten Jember. "Penyaluran dana BLSM tidak menggunakan kupon seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) karena menggunakan KPS dengan barcode, sehingga penyaluran dana bantuan di masing-masing daerah bisa diketahui secara langsung oleh pemerintah pusat secara online," paparnya.

Wahyudi mengaku belum bisa memastikan kapan penyaluran dana BLSM di Jember karena KPS masih belum dibagikan kepada 192 ribu warga miskin di kabupaten setempat. "Rencananya
, BLSM itu dibagikan per 1 Juli 2013 secara serentak di Indonesia. Untuk Jember, tidak bisa dibagikan awal Juli karena masih menunggu KPS, namun paling lambat sebelum Lebaran sudah dibagikan," katanya.

Berbeda dengan BLT, lanjut dia, penukaran dana BLSM tidak dilakukan di cabang-cabang kantor pos di 31 kecamatan, namun ada 248 titik tempat penukaran KPS yang lokasinya dekat dengan domisili penerima seperti balai desa atau kantor kecamatan. "PT Pos juga berkoordinasi dengan Polres Jember, Kodim 0824 dan Satpol PP Jember dalam pengamanan penyaluran dana BLSM," ujar Wahyudi Aziz pula.

Berdasarkan pendataan program perlindungan sosial pada September 2008 dan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang digelar Maret 2009 oleh Badan Pusat Statistik, tercatat jumlah warga miskin di Kabupaten Jember tertinggi di Jawa Timur yakni mencapai 237.700 Rumah Tangga Miskin (RTM).(ant/ami)

TERKINI

SELENGKAPNYA

FOKUS

SELENGKAPNYA
E-PAPER