Tarif Angkot Bus Kota Tidak Naik

Sabtu, 03 Agustus 2013  02:22

Tarif Angkot Bus Kota Tidak Naik
Surabaya (BM) - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Eddi menegaskan tidak ada kenaikan tarif angkutan kota dan bus kota menjelang atau setelah libur Lebaran tahun ini.
"Tarif angkutan selama Lebaran tetap harus mengikuti ketentuan yang ada. Jadi tidak ada kenaikan tarif," katanya, Jumat (2/8).
Hanya saja, lanjut dia, biasanya ada angkutan yang mulai memberlakukan tarif atas atau atarif menengah menjelang Lebaran sehingga kesannya ada kenaikan tarif. "Padahal tidak, kalau orang yang tidak tau ya pasti bilangnya ada kenaikan. Ini yang bikin masalah karena misalnya tarifnya Rp10 ribu terus menjadi Rp13 ribu, padahal tarif atasnya sampai Rp15 ribu," katanya.
Saat ditanya apakah akan memasang stiker tentang tarif batas atas tersebut di tiap-tiap angkutan agar mayarakat bisa mengetahuinya, Eddi mengatakan belum diperlukan karena pihaknya selama ini sudah memasang di tiap-tiap terminal. "Tapi kalau stiker tidak dipasang di angkutan karena ini jarak yang menentukan. Tapi penumpang bisa memastikan kok jika pada saat Lebaran seperti saat ini," katanya.
Namun demikian, lanjut dia, untuk mengantisipasi pelanggaran terhadap angkutan yang menaikkan tarif di atas batas atas, pihaknya menyarankan agar melaporkan ke Posko Gabungan Angkutan yang terdiri Dishub, Polri dan TNI. "Tapi lagi-lagi masalahnya tidak ada bukti berupa karcis dan lainnya. Tentunya ini menjadi sulit," katanya.
Sedangkan untuk pengamanan di Terminal purabaya, Dishub menempatkan 80 personel khusus yang bertugas selama masa itu. Namun secara umum, lanjut dia, ada sebanyak 513 personel Dishub Kota Surabaya dilibatkan dalam pengamanan Lebaran yang juga didukung 174 orang dari instansi terkait antara lain dari Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jatim, Gartap III Surabaya, Polrestabes Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Dinas Pemadam Kebakaran (PMK), personel Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), personel Bakesbang Linmas, personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Tagana dan Jasa Raharja. (at/epe

TERKINI

SELENGKAPNYA

FOKUS

SELENGKAPNYA
E-PAPER