Siswa Dilarang Bawa Motor

Sabtu, 13 Juli 2013  01:13

Siswa Dilarang Bawa Motor

MADIUN (BM) - Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Madiun Kota, menghimbau pihak sekolah, utamanya tingkat SD dan SMP, melarang siswanya berkendaraan bermotor karena belum cakap mengemudi dan rawan melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Kami telah mengirimkan surat kepada seluruh kepala sekolah baik tingkat SD maupun SMP di wilayah Kota Madiun untuk melarang anak didiknya mengendarai sepeda motor sendiri ke sekolah," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madiun Kota AKP Kasiani at ditemjui Jumat (12/7).

Menurut dia, pengiriman surat tersebut sebagai langkah pencegahan atas terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh ketidaktahuan penggguna jalan. 

"Dari segi peraturan juga belum mengizinkan. Misalnya soal SIM, yang baru bisa diterbitkan kalau pemohonnya telah berusia 17 tahun. Kalau siswa SD dan SMP tergolong usia belum boleh memiliki SIM," terang AKP Kasiani.

Di samping mengimbau lewat sekolah, polisi juga akan memberikan sanksi tegas kepada anak-anak yang tetap mengendarai motor atau mobil. Sesuai data, cukup banyak kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas yang terjadi di Kota Madiun dengan melibatkan anak-anak sekolah, baik sebagai korban maupun pelakunya. (ant/yoc)

TERKINI

SELENGKAPNYA

FOKUS

SELENGKAPNYA
E-PAPER